0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PAN Solo Berlakukan Tes Narkoba Bagi Caleg

Solo – Kasus penggunaan narkoba yang menimpa sejumlah artis di Jakarta berimbas pada rekrutmen calon legislatif Partai Amanat Nasional di Solo. Pasalnya, salah satu artis yang tersangkut perkara narkoba itu yaitu Wanda Hamidah, merupakan anggota DPRD DKI Jakarta dari PAN.

“Tentu itu (kasus narkoba yang menimpa Wanda) pembelajaran berharga, walaupun sampai sekarang belum terbukti. Kami melakukan antisipasi. Jangan sampai ada kader partai yang terlibat narkoba. Untuk itu kami memberlakukan tes bebas narkoba bagi setiap caleg,” ujar Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim kepada Timlo.net, Rabu (30/1).

Tes bebas narkoba itu, lanjut Umar,merupakan kriteria tambahan dari partai. ” Artinya, saat tes pencalegan itu dia membawa hasil tes urin,” terangnya.

Umar menambahkan, tes bebas narkoba itu bisa dibilang merupakan yang pertama yang dilakukan partai di Solo. ” Ini yang pertama. Nanti akan dibawa dalam rapat kerja DPW sehingga bisa menjadi kebijakan partai level nasional,” tuturnya.

Lebih jauh, Umar menegaskan adanya tes itu, bukan berarti pihaknya curiga tapi hal itu sebagai langkah antisipasi. “Justru kami harap di Solo jangan sampai seperti itu,” ungkapnya.

Disinggung kemungkinan perlu tidaknya partai lain mengikuti langkah serupa, Umar menyerahkan hal itu ke masing-masing partai. Tetapi jika ada partai lain yang mengikuti hal yang sama maka itu justru hal yang baik. “Kami tidak berharap partai lain mengikuti, tetap kalau mau ikut ya silahkan. Soalnya jika ada yang terkena narkoba kan tidak hanya partainya yang kena tetapi juga lembaga dewannya,” pungkasnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge