0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‘Pasukan Kelelawar’ Dibasmi

Rumah kelelawar ditutup dari luar
Rumah kelelawar ditutup dengan papan kayu (Dok Timlo.net/ Sahid B Sutanto)

Sukoharjo — Jutaan kelelawar atau lowo yang mendiami gedung tua bekas kantor Pemkab Sukoharjo, barat Proliman Sukoharjo, mulai dimusnahkan. Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara mengasapi (fooging) dari dalam gedung yang sebelumnya sudah ditutup rapat seluruh lubang ventilasinya.

Proses pengasapan dilakukan oleh sejumlah pekerja dengan menggunakan mesin fooging yang didalamnya berisi larutan insektisida. Dengan ditutup rapat, pekerja berharap kelelawar yang berada di dalam ‘Gedung Lowo’ tidak bisa keluar dan mati lemas karena asap fooging.

“Kita pake metode pengasapan dengan larutan insektisida. Dengan ditutupnya seluruh ventilasi udara di gedung lowo, nantinya diharapkan lowo tersebut mati lemas,” ujar Iskandar salah satu pekerja.

Iskandar mengaku diperintahkan oleh tempat kerjanya. Ia tidak mengetahui siapa yang menyuruh tempat kerjanya untuk melakukan pembasmian jutaan kelelawar yang telah mediami gedung tersebut sejak puluhan tahun silam. “Saya hanya disuruh bos saya. Yang menyuruh bos saya untuk membasmi lowo disini saya kurang tahu,” tuturnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge