0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Priiitt…, Ratusan Sopir Truk Kena Tilang

Ratusan truk galian c terkena razia (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Ratusan sopir truk pengangkut galian C yang melintasi Jalan Raya Jogja-Solo kena tilang dalam operasi yang digelar tim gabungan Satlantas Polres Klaten bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Selasa (29/1). Mereka ditilang lantaran membawa muatan melebihi aturan.

Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo melalui Kasatlantas AKP Kurniawan Ismail, mengatakan operasi penertiban dilakukan dibeberapa tempat berbeda. Kegiatan itu dilakukan untuk menertibkan muatan truk galian C agar tidak melanggar batas volume yang ditentukan.

“Dalam razia itu petugas berhasil menindak tegas ratusan sopir truk yang nekat mengangkut muatan berlebih. Penindakan dengan penilangan dilakukan untuk memberikan efek jera,” tegasnya.

Kurniawan menegaskan, razia akan terus dilakukan bersama instansi terkait. Sebab, masih banyak truk yang nekat membawa muatan melebihi aturan sehingga mempercepat kerusakan jalan.

“Kami akan tetap melakukan razia sampai sopir truk dapat mentaati batas muatan yang mereka bawa,” ujarnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Klaten, Marsono, menambahkan truk yang membawa muatan berlebih selain rawan terjadi kecelakaan dan kemacetan, juga bisa mempercepat kerusakan infrastruktur jalan.

Untuk itu guna mengefektifkan razia, kata dia, pihaknya akan menambah personel dalam operasi berikutnya. Sebab selama ini para sopir truk kerap kucing-kucingan menghindari operasi.

“Biasanya saat ada razia, sopir truk justru berhenti disuatu tempat hingga menunggu razia selesai. Sehingga hal itu membuat antrian cukup panjang di pinggir jalan,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge