0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disapu Lesus, Sebuah Rumah di Bayat Roboh

Rumah roboh disapu lesus (Dok.Timlo.net/ indratno Eprlianto)

Klaten – Naryo Miharjo (72) warga Dukuh Kebonagung RT 003 / RW 001 Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Klaten hanya bisa pasrah melihat puing-puing rumah miliknya yang roboh setelah disapu angin lesus, Selasa (29/1) sore.

Tak tersisa sedikitpun bangunan yang berdiri. Rumah yang berdinding dari anyaman bambu itu rata dengan tanah. Dibantu para tetangga, Selasa malam, keluarga Naryo mengumpulkan sisa-sisa barang yang masih tertimbun puing-puing rumah.

“Semua barang-barang seperti pakaian dan perabot yang masih utuh kami kemasi untuk dipindah sementara waktu,” ujar Sunarno (45), anak Naryo, saat ditemui disela-sela mengemasi barang-barang milik ayahnya.

Sunarno menceritakan, angin lesus menyapu rumah ayahnya pada Selasa sore sekitar pukul 15.00 WIB. Beruntung, saat peristiwa itu terjadi sang ayah tidak berada di dalam rumah.

“Saat itu tidak ada hujan tapi angin memang begitu kencang. Namun tiba-tiba saya mendengar suara gemuruh di samping rumah. Setelah saya cek, ternyata rumah bapak saya roboh. Untung saja saat itu bapak sedang keluar rumah,” tutur Sunarno.

Sunarno mengatakan, kondisi bangunan yang sudah tua sehingga tak mampu menahan terjangan angin lesus. Rumah dengan ukuran 10×12 meter persegi itu akhirnya rata dengan tanah.

“Kami berharap ada bantuan dari Pemkab Klaten untuk membantu mendirikan rumah. Sebab rumah sudah tidak bisa lagi ditempati, dan untuk sementara bapak tinggal bersama kami,” ujarnya.

Camat Bayat, Edy Purnomo, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin lesus tersebut. Hanya sebuah rumah milik Naryo Miharjo di Dukuh Kebonagung, Desa Jarum roboh. Akibat peristiwa itu kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

“Memang kondisi rumah Naryo sudah sangat tua dan rapuh sehingga tak kuat menahan hempasan angin,” kata Edy.

Petugas dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Klaten, Edi Santoso, mengatakan pihaknya sudah ke lokasi begitu mendapatkan kabar adanya rumah warga yang roboh.

“Kami akan mengusulkan bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge