0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Tak Miliki Anggaran Relokasi Warga Sekitar Talud

Solo – Pemkot tidak memiliki anggaran untuk merelokasi sejumlah rumah yang berada di sekitar talud sungai. Padahal, ada beberapa rumah warga yang berada di sekitar talud sungai rusak diterjang air sungai beberapa hari terakhir ini.

Walikota Solo Hadi Rudyatmo mengaku, Pemkot belum bisa membebaskan tanah warga di sekitar talud karena tidak ada pos anggaran untuk pengupayaan relokasi. Di tahun ini, Pemkot lebih berkonsentrasi pada pembebasan hunian bantaran sungai bengawan Solo di 2 kecamatan, yakni kecamatan Jebres dan kecamatan Pasar Kliwon.

Jumlah hunian di sekitar talud di beberapa ruas sungai di Solo berjumlah ratusan rumah. Pemkot sendiri belum bisa mengupayakan relokasi bagi warga yang ada di sekitar talud. “Belum, belum bisa. Belum mengarah pada kebijakan relokasi,” kata Rudy, sapaan Walikota kepada wartawan, Selasa (29/1).

Setidaknya, ada dua wilayah hunian di atas talud sungai yang sangat beresiko terkena terjangan air sungai. Keduanya masing-masing berada di kampung Mina Padi, Nusukan, kecamatan Banjarsari dan kampung Sampangan, Sangkrah, kecamatan Pasar Kliwon. Sebagian rumah warga di kedua kampung tersebut sudah berada di posisi yang mengkhawatirkan.

Sementara, untuk perbaikan konstruksi sejumlah talud yang ambrol, Pemkot akan mengupayakan bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Rudy mengaku akan melakukan komunikasi dengan BBWSBS untuk membahas masalah tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge