0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Dugaan Penggelapan Pajak CV Kondang Murah Segera Disidangkan

Solo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo segera melimpahkan kasus dugaan penggelapan pajak yang dilakukan CV Kondang Murah dan PT Muncul Lestari Makmur Mandiri (MLMM) ke Pengadilan Negeri (PN) Solo untuk disidangkan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Solo, Ricardo Sitinjak mengatakan, berkas perkara kasus tersebut telah lengkap, penyidik Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) II Surakarta sudah menyerahkan B, direktur kedua perusahaan perkayuan tersebut sebagai tersangka.

Menuruty Ricardo, perkara ini merupakan salah satu prioritas yang perlu dikonsultasikan lebih dahulu ke pimpinan. “Atas petunjuk pimpinan, dalam waktu dekat kasus ini kita limpahkan ke pengadilan,” tegas Kajari, Senin (28/1).

Kata Kajari, berkas perkara penggelapan pajak yang dilimpahkan penyidik perpajakan tersebut telah memenuhi unsur pidana. Nilai pajak yang digelapkan mencapai miliaran rupiah sehingga terdapat kerugian pendapatan negara.

Diketahui bahwa dua perusahaan kayu dan mebel milik pengusaha yang bernama Himawan itu, kesandung masalah penggelapan pajak berdasar laporan Imam Basuki (51) ke Kanwil DJP Jateng II Surakarta Jalan MT Haryono, Manahan, Solo, pada November 2009 dan Februari 2010.

Dalam pengaduan pelapor, CV Kondang Murah diduga menggelapkan pajak hingga puluhan miliar rupiah berdasar perbedaaan pendapatan perusahaan terhitung sejak tahun 1998 hingga 2008 dengan setoran pajak yang harus dibayarkan ke kantor pajak tiap tahunnya. Namun, pendapatan perusahaan tidak sebanding dengan setoran pajak yang harus dibayarkan, karena CV Kondang Murah membuat Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan yang lebih rendah atau tidak sesuai pendapatan perusahaan agar pajaknya lebih ringan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge