0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Robby Belum Lakukan Kasasi atas Vonis PT Semarang

Solo — Pemilik Benteng Vastenburg dan Hailai International, Robby Sumampouw belum melakukan kasasi atas vonis delapan bulan penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Semarang. Pihak Robby melalui kuasa hukumnya tengah mempelajari amar putusan yang dijatuhkan hakim PT Semarang 12 Desember 2012 lalu.

“Saat ini surat putusan baru diterima. Langkah untuk melakukan kasasi sementara waktu masih kita pelajari putusan tersebut,” ujar Kuasa Hukum Robby Sumampow, Heru S Notonegoro saat dihubungi wartawan, Selasa (29/1).

Menurut Heru, pihaknya masih mempunyai waktu selama dua pekan untuk melakukan kasasi atas putusan tersebut.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Solo, Ricardo Sitinjak saat ditemui beberapa wartawan mengatakan, pihaknya telah menerima salinan putusan yang diterima oleh PN (Pengadilan Negeri). Langkah yang akan ditempuh yakni mempelajari putusan tersebut. Kajari juga menunggu perintah atau langkah-langkah dari pimpinan untuk menangani kasus tersebut.

“Kita normatif saja, setelah mendapatkan salinan putusan itu ya kita pelajari, untuk kasasi itu kan nanti terserah dari pihak terdakwa,” jelas Kajari.

Sebelumnya diberitakan, dalam amar putusan majelis hakim PT Semarang yang diketuai Suwardi SH pada Rabu, 12 Desember 2012  menetapkan agar terdakwa Robby Sumampouw ditahan. “Putusan tersebut diterima Panitera Muda Pidana PN Surakarta, pada 11 Januari 2013,” ujar Budhy Hertantiyo, Humas PN Solo didampingi Sunarto selaku Panitera Muda Pidana, kepada wartawan, Senin (21/1) siang.

Budhy mengatakan, dasar putusan banding PT Semarang menguatkan vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim PN Solo karena terdakwa cukup bukti melanggar dakwaan alternatif pertama sesuai pasal 266 ayat (1) jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang memberikan keterangan palsu ke dalam akta autentik YBSS (Yayasan Bhakti Sosial Surakarta).

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge