0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 Panwascam Baru Wonogiri Dilantik

Belum Cukup Umur kok Disuruh Milih Gubernur

Pelantikan anggota Panwascam baru di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sebanyak 4 anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) mulai hari ini, Selasa (29/1) ditugaskan di Wonogiri. Mereka merupakan panitia pengganti bagi anggota Panwascam sebelumnya.

Keempat anggota Panwascam tersebut menggantikan anggota terdahulu yang mengundurkan diri. Beragam alasan pengunduran diri itu mulai dari terpilih sebagai Kades, memilih profesi baru, hingga meninggal dunia.

Ketua Panwaskab (Panitia Pengawas Kabupaten) Wonogiri, Tulus Permana Edi menyebut, keempat anggota Panwascam baru itu adalah Dodik Rafiyanto, Handhang Wahid Puasa, Titik Haryanti dan Tri Mulyanto. Titik Haryanti menggantikan Kasiman Budi Santoso yang meninggal dunia. Ketiga yang lain, menggantikan anggota Panwascam yang mengundurkan diri.

Sementara disinggung soal ketidakcocokan data saat Coklit (pencocokan dan penelitian) DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih), Tulus menyebut sementara ini mencapai ribuan data. Dikatakan sementara, sebab belum bisa diperoleh angka pastinya, lantaran dari Panwascam belum melakukan perekapan. Coklit dijadwalkan sampai tanggal 4 Februari.

“Nanti kita koordinasi ke KPUD dan Bawaslu. Coklit ini kan merupakan tindakan pengawasan. Tidak hanya di DP4, tapi juga waktu DPS maupun DPT. Untuk itu ke depan kami akan mendirikan posko, untuk meminimalkan ketidakcocokan data. Sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi, tidak perlu jauh-jauh, cukup mengawasi anggota keluarganya masing-masing,” terangnya.

Mengenai faktor ketidakcocokan, Tulus mengatakan, hampir 75 persen di antaranya lantaran telah meninggal dunia tapi dimasukkan dalam daftar. Disusul, sudah pindah alamat dan umur belum sesuai persyaratan (Belum cukup umur).

Seperti diketahui, pendataan pemilih di Wonogiri tersebut dalam rangka menyambut pemilihan gubernur (Pilgub), pemilu legisltaif dan pemilihan presiden.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge