0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebih Beresiko Dari Merokok atau Obesitas

Tidur Ngorok Lebih Beresiko Kena Serangan Jantung

Gambar jantung. (Dok:Timlo.net/Google Images.)

Timlo.net — Para pedengkur memiliki resiko lebih besar untuk terkena serangan jantung daripada para perokok atau penderita obesitas, demikian kata para peneliti.

Dengkuran ternyata lebih dari sekadar gangguan karena bisa menjadi tanda awal akan adanya gangguan kesehatan yang mengancam nyawa.

Para peneliti Amerika Serikat (AS) percaya bahwa kondisi tersebut disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah arteri yang bisa menyebabkan pendarahan otak, stroke dan serangan jantung.

Sekitar seperempat wanita dan empat dari sepuluh pria kerap mengorok, walaupun hampir separuh dari kita kadang-kadang pernah mendengkur. Walaupun dengkuran bisa menganggu tidur kita-tapi dulu tidak pernah dianggap sebagai penyebab gangguan kesehatan jangka panjang hingga kini.

Para peneliti Amerika mengklaim bahwa kondisi ini sama seriusnya dengan memiliki tekanan darah tinggi dan mendesak para pendengkur untuk mencari pertolongan medis.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Detroit menemukan bahwa mereka yang kerap mendengkur cenderung untuk memiliki sebuah pembuluh arteri karotid yang menebal-pembuluh yang mengantarkan darah beroksigen ke otak.

Kondisi ini juga telah dihubungkan dengan penebalan arteri lain di tubuh dan bisa menyebabkan serangan jantung dan pendarahan otak.

Dr Robert Deeb, dari Henry Ford Hospital di Detroit, yang memimpin penelitian ini berkata: “Penelitian kami memberikan tambahan bukti yang menyimpulkan bahwa mendengkur ternyata berbahaya. Karena itu, mereka yang sering menngorok harus memeriksakan diri ke dokter,” tulis Dr Deeb dan rekan-rekannya meneliti 54 pria dan wanita berusia 18 hingga 50.

Mereka mengisi kuesioner tentang kebiasaan mendengkur mereka dan lalu melakukan scan ultrasound untuk melihat ketebalan pembuluh arteri karotid. Para peneliti menemukan bahwa lapisan terdalam dari dinding pembuluh arteri lebih tebal dari mereka yang tidak mendengkur.

Sumber: Daily Mail.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge