0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Audi Yuan Putra, Siswa SMPN 26 Solo

Biar Kurus tapi Sering Jadi Juara Taekwondo

Yuan Juara Taekwondo (Dok.Timlo.net/ Sri Ningsih)

Solo — Tubuhnya memang tidak kekar seperti pendekar, tapi remaja yang satu ini memiliki segudang prestasi di cabang olahraga beladiri. Sudah delapan kali siswa SMP Negeri 26 Solo ini berhasil menyabet gelar juara Taekwondo.

Namanya Audi Yuan Putra P. Ia tertarik mengeluti olahraga beladiri asal Korea ini sejak SD. Ketertarikannya itu bukan tak lain juga lantaran mengikuti jejak sang ayah, Tri Wahyudi, seorang atlet Taekwondo asal Solo.

“Alasan memilih olahraga ini karena disarankan ayah. Selain itu juga ingin mengikuti jejak ayah yang dulunya juga atlet Taekwondo,” jelasnya saat ditemui Timlo.net di SMPN 26 Solo, Senin (28/1).

Remaja yang memiliki berat badan 43 kg ini, mengaku pernah menjuarai di beberapa perlombaan Taekwondo, baik tingkat nasional ataupun kota. Di antaranya pernah menyabet juara II tingkat nasional saat masih duduk di bangku kelas 6 SD Nusukan Barat No 113, juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah waktu kelas VII SMP.

Pada Desember kemarin, siswa kelas VIII D SMPN 26 ini mampu memboyong Juara I (Piala Walikota Magelang) dalam laga Invitasi Taekwondo Pelajar Walikota Megelang Cup II kelas Under 39 kg SMP Putra Tingkat Jateng dan DIY.

“Waktu itu ada 14 peserta di kelas Under yang saya ikuti. Cukup berat tapi dengan usaha keras dalam 5 kali main dan mengalahkan lawan dari Yogyakarta barulah bisa membawa pulang juara I,” jelasnya.

Di atas langit, masih ada langit, pepatah itu mungkin tepat ditujukan bagi Yuan. Meski tercatat berhasil meraih 9 medali emas, tiga perak, dan satu perunggu, remaja ini juga pernah takluk di tingkat internasional melawan atlet Taekwondo dari Negeri Jiran, Malaysia.

Namanya saja atlet beladiri, tidaklah mengherankan jika cedera kaki dan tangan sudah menjadi hal biasa. Bukannya kapok, remaja kelahiran Solo, 28 Juni 1999 ini justru semakin semangat. Semakin semangat pula ia berlatih keras bersama Club Dragon Solo setiap pagi dan sore.

Selain berlatih, untuk menjaga stamina dan berat badan, Yuan disiplin dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Apalagi dalam waktu dekat ini, ia harus siap bertarung dalam ajang kompetisi Taekwondo Dragon Cup se-Indonesia yang bakal digelar di Manahan, Maret mendatang. “Untuk persiapannya mengatur pola makan agar berat badan bisa naik jadi 45 kilogram. Karena kalau beratnya tidak 44 kilogram tidak bisa ikut,” pungkas anak pertama dari dua bersaudara ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge