0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuliner Lokal Siap Nampang di Amsterdam

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Sejumlah sajian kuliner lokal khas Indonesia tak lama lagi bakal nampang di Amsterdam, Belanda. Ya, tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan, mengingat hal itu bisa membuka jalan bagi kekayaan Nusantara untuk go international alias dikenal masyarakat mancanegara.

Pemerintah rencananya memang akan memfasilitasi sejumlah pelaku usaha kuliner untuk mengikuti gelaran akbar ‘Pasar Malam Indonesia’ di Negeri Kincir Angin pada Maret 2013 mendatang. Terkait hal ini, Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengemukakan pemerintah nantinya akan mengikutsertakan 45 pelaku kuliner untuk turut memromosikan produk Indonesia di luar negeri.

“Melalui program promosi perdagangan dalam negeri, kami akan mengirim sekitar 45 orang dari tiga daerah pemenang lomba kuliner yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan 2012. Dalam hal ini untuk ikut serta dalam acara Pasar Malam Indonesia di Amsterdam pada Maret 2013 nanti,” katanya, seusai menjadi pembicara seminar nasional bertajuk ‘Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia’, di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), Kmapus Kentingan, Jebres, Solo,  baru-baru ini.

Di Belanda, pemerintah bersama pelaku kuliner berkesempatan memasarkan aneka produk kuliner Indonesia. Dengan mengikuti ajang itu, harapannya Kementerian Perdagangan bisa memberdayakan pelaku kuliner melalui berbagai kreativitas.

“Jadi, di sana kita pasarkan produk-produk kuliner Indonesia dengan kemasan cantik yang diberdayakan. Ini salah satu usaha yang kami lakukan untuk meningkatkan nilai tambah produk kita melalui aspek kreativitas di dalamnya,” pungkas Bayu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge