0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKMS Gold Dimungkinkan Tak Terpakai

Solo Dapat Tambahan 14.000 Kartu Jamkesmas

Abdul Ghofar Ismail (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo — Tahun ini (2013), Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Gold dimungkinkan tidak dimanfaatkan. Hal ini mengingat adanya tambahan kuota jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) sejumlah 14.000 kartu bagi masyarakat Solo.

Penambahan kuota Jamkesmas sejumlah 14.000 tersebut diketahui dari rapat konsultasi Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Komisi IV DPRD dengan Kementrian Kesehatan dan Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Jakarta, Jum’at lalu (25/1). ” Jadi, dari konsultasi Jum’at kemarin kita mendapatkan tambahan kuota Jamkesmas sejumlah 14.000 kartu,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail kepada Timlo.net, Senin (28/1) di DPRD Solo.

Penambahan kuota tersebut, sambung Ghofar, karena adanya penambahan anggaran pusat untuk Jamkesmas secara nasional dari 76 juta kartu menjadi 86 juta kartu. “Dari penambahan 10 juta itu, 14.000 kartu diantaranya diperuntukkan untuk masyarakat Solo,” lanjutnya.

Diterangkan Ghofar, dengan penambahan kuota 14.000 kartu Jamkesmas itu, pihaknya berharap sisa pemegang kartu PKMS Gold sejumlah 1000 kartu dapat terserap di dalam penambahan kuota jamkesmas tersebut.

“PKMS Gold kita itu kan jumlahnya 13.000 kartu. Kemarin sudah tercover 12.000 kartu dalam Jamkesmas sehingga tinggal sisa 1000 kartu. Kalau ini ada tambahan lagi 14.000 kartu Jamkesmas, ya kita berharap yang 1000 kartu PKMS Gold itu bisa masuk dalam 14.000 itu. Dengan demikian, seluruh pemegang kartu PKMS Gold dapat  tercover dalam Jamkesmas,” ungkapnya.

Jika nantinya sisa 1000 kartu PKMS Gold itu masuk dalam Jamkesmas, tambah Ghofar, hal itu akan menghemat keuangan Pemkot. ” Anggaran PKMS hanya untuk yang PKMS silver,” tuturnya.

Disinggung kapan kartu Jamkesmas hasil tambahan kuota itu dibagikan, Ghofar mengatakan Maret mendatang kartu tersebut sudah didistribusikan. “Kalau kartu Jamkesmasnya sudah bisa dipakai, kartu PKMS Goldnya akan ditarik.  Dari konsultasi kemarin dijelaskan bahwa untuk permasalahan kartu misal ada kesalahan cetak dan sebagainya merupakan tanggung jawab Kemenkes. Tapi kalau soal data adalah ranah dari TNP2K,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge