0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Ribu Pohon Ini Khusus untuk Kera, Lho

Sejumlah aktivis Ormas menanam bibit pohon khusus untuk kera. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri¬†— Pembuktian upaya elemen masyarakat Wonogiri dalam mengatasi serangan hewan kera di lahan pertanian, naga-naganya bakal terwujud. Ini menyusul rencana penanaman 10 ribu bibit buah khusus bagi kera oleh Ormas Masyarakat Gajah Mungkur (MGM) pekan mendatang.

Saat ini, bibit sebanyak itu telah disiapkan. Lokasi pembibitan berada di Dusun Sokogunung, Desa Sendang, Kecamatan Kota. Di tempat itu jugalah yang nantinya dijadikan lokasi penanaman 10 ribu bibit, Kamis (31/1).

Ketua MGM, Bondan Sejiwan Boma Aji menuturkan, pembibitan telah dilakukan sekitar September tahun kemarin. Jenis yang disemai diantaranya talok, jambu biji, jambu air, jambu mete, dadap dan petai. Jenis tanaman itu merupakan kesukaan binatang kera.

“Bibit tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat dan bantuan dari MGM. Kami pengin supaya serangan hewan kera dapat ditanggulangi tanpa harus mengorbankan atau membunuhnya,” jelas Bondan, Senin (28/1).

Gagasan penanaman pohon buah khusus kera itu, lanjut dia, berawal dari realitas di lapangan. Dimana, persediaan makanan alami di hutan menipis. Sebab itulah, kera mencari alternatif lain, termasuk dengan mengambil makanan di lahan pertanian milik warga.

“Kegiatan ini sebagai pilot project kami. Apabila ini berhasil, kami akan mengajak warga daerah lain yang wilayahnya sering ada serangan kera. Meskipun dari Kecamatan Selogiri sudah mendahuluinya, tidak masalah. Justru bagus. Berarti kita satu tujuan,” imbuh pria berbadan tambun ini.

Nantinya, setelah ditanam, bibit tidak akan ditinggalkan begitu saja. Masyarakat sekitar lokasi dan Ormas MGM tetap mengawasinya. Setiap bibit akan diberi tanda berupa tongkat merah di dekatnya. Sehingga memudahkan bagi pengawasan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge