0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemutakhiran Data Pemilih di Klaten Pakai Sistim Online

Warga melihat tahapan Pilgub Jateng 2013 di KPUD Kabupaten Klaten. (Dok.Timlo.net/ Indratno Eprilianto)

Klaten — Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan menggunakan aplikasi sistem informasi data pemilih Pilgub Jateng (Si-Indi Jateng) 2013 . Sistim online ini untuk mempermudah PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Aplikasi Si-Indi Jateng 2013 ini wajib digunakan oleh PPS dalam tahapan pemutakhiran data pemilih. Pertimbangannya agar PPS memperoleh kemudahan dan ketepatan dalam melaksanakan pemutakhiran. Aplikasi ini bentuknya menggunakan program Microsoft Excel 2007 dengan penambahan beberapa fitur,” jelas  Anggota KPU Kabupaten Klaten, M Ismail, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/1).

Ismail menjelaskan, dengan menggunakan aplikasi ini dimungkinkan PPS dapat mudah untuk memahami dan selanjutnya dapat mengoperasikannya.

Keberhasilan aplikasi ini juga sangat dipengaruhi dari banyak faktor, antara lain akurasi hasil kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), ketelitian saat input Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tambahan Perubahan (DTb-p), Daftar Pemilih Tambahan Perubahan (DTb-p) dan penyusunan Bahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga kemampuan operator.

“Harapan akhir dari penerapan sistem online ini adalah keberhasilan PPS dalam menghasilkan DPT dengan cermat dan akurat,” ujarnya.

Ismail menerangkan, dengan sistem informasi online maka semua akan terpantau. Sehingga semua data bisa terarsip. Sedangkan PPS dalam setiap melaporkan kegiatan tinggal menggunakan email.

“Saat ini masih offline, nanti kalau data sudah lengkap baru di-online-kan oleh KPU Provinsi,” ujar Ismail.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge