0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2014, Underpass Purwosari dan Agas Dibangun

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Meski kurang mendapat dukungan kalangan dewan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo tetap akan mengupayakan pembangunan dua underpass pada 2014.

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad mengatakan, kajian akhir terkait pembangunan dua underpass sudah dipaparkan dalam rapat dengan sejumlah SKPD belum lama ini. “Sudah kami sampaikan ke Pak Wali. Tinggal menunggu pembicaraan dengan pemerintah pusat. Kemungkinan 2014 mendatang proyek dimulai,” ungkapnya, Senin (28/1).

Yosca menerangkan, Detail Engineering Desain (DED) pembangunan underpass sudah selesai akhir 2012 lalu. DED empat underpass sudah ada. Tinggal nanti mana yang diprioritaskan,” tambahnya.

Dari empat DED itu, menurut Yosca, ada dua kawasan yang bakal diprioritaskan. “Melihat kepadatan serta kemudahan guna memulai proyek pembangunan, terdapat dua kawasan yang bakal diprioritaskan dibangun underpass. Dua wilayah tersebut yakni di perlintasan kereta api Purwosari dan Hotel Agas, Manahan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Yosca, di dua kawasan tersebut dimungkinkan tidak terjadi kendala pembebasan lahan. Namun, keputusan terkait prioritas pembangunan ada di tangan Walikota terkait pembicaraan dengan pemerintah pusat.

Yosca menerangkan, pembangunan underpass sudah mendesak untuk dilakukan mengingat kepadatan lalu-lintas yang terus meningkat. Selain itu, perjalanan kereta api juga diprediksi meningkat di tahun-tahun mendatang.

“Kalau sampai perjalanan kereta api dalam sehari terdapat 80-90 perjalanan, bisa jadi setiap setengah jam sekali pintu perlintasan ditutup. Nah, solusinya ya underpass itu karena arus lalu lintas tak terhalang oleh penutupan pintu perlintasan,” ungkap Yosca.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge