0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketinggian Air WGM Berubah Cepat

Kondisi saluran pembuangan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang dipenuhi miliaran kubik air (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Ketinggian muka air WGM (Waduk Gajah Mungkur) Wonogiri terus saja mengalami perubahan secara cepat. Sebab itulah, pintu air sering dibuka-tutup mengikuti perkembangan ketinggiannya.

Ketinggian air pada Senin (28/1) pukul 12.00 WIB berada pada 134,70 meter di atas permukaan laut (MDPL). Dan kedua pintu, yakni pintu 2 dan 3 dibuka. Keluaran air mencapai 200 meter kubik per detik.

“Tetap kita buka hingga mencapai 134,50 MDPL, itu batas amannya. Kalau air mencapai itu seperti yang terjadi pekan kemarin, maka kedua pintu ditutup total. Yang tetap dibuka adalah jalur untuk air penggerak turbin PLTA,” ujar Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi melalui sambungan telepon, Senin (28/1).

Soal batas aman ini mengalami perubahan. Sebelumnya, dikatakan berada di ambang normal ketika ketinggian air berada di 135,50 mdpl. Lantaran, berbagai pertimbangan, termasuk menjaga kekuatan tanggul WGM, akhirnya batasan berubah.

Terkait perubahan yang cepat itu, Winarno mengatakan lebih disebabkan curah hujan di daerah hulu. Beberapa hari belakangan, hujan tidak bisa diprediksi. Kadang seharian penuh mengguyur. Namun, sering tidak turun dalam sehari.

“Jika turun seharian biasanya bersamaan diantara keenam DAS (Daerah Aliran Sungai). Jika hal ini terjadi, pasokan air kian banyak. Secara otomatis ketinggian air cepat bertambah,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge