0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelican Crossing Jensud Telan Rp 200 Juta

kawasan Jalan Jenderan Sudirman Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Pemkot Solo menganggarkan Rp 200 juta untuk pemasangan Pedestrian Light Controlling (Pelican) Crossing di ruas Jalan Jenderal Sudirman (Jensud). Pemasangan alat bantu penyeberangan bagi pejalan kaki tersebut akan dilakukan  pertengahan tahun mendatang.

Kebutuhan akan rambu lalulintas bagi penyeberang jalan di ruas Jl Jensud saat ini sudah mendesak. Pasca diberlakukannya rekayasa lalu lintas di kawasan itu, ruas Jl Jensud menjadi jalur cepat bagi kendaraan. Alasan itulah yang mendasari rencana pemasangan Pelican Crossing di kawasan itu.

“Ada dua lokasi yang akan dipasangi Pelican Crossing. Masing-masing di depan Kantor Balaikota dan di depan Kantor BNI,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, kemarin.

Saat ini, pejalan kaki merasa kesulitan saat akan menyeberang Jl Jensud pasca diberlakukannya rekayasa lalulintas yang baru di kawasan itu. Selain laju kecepatan kendaraan bermotor yang relatif tinggi, keberadaan rantai pemisah sebagai barikade pada marka jalan itu membuat penyeberang kesulitan saat akan menyeberang jalan.

Menurutnya, satu unit Pelican Crossing menelan anggaran sebesar Rp 100 juta. Anggaran sebesar itu diambil dari pos anggaran Pengadaan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) pada APBD 2013. Proses lelangnya sendiri akan dilakuakn sekitar Maret – April mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge