0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selomoyo Direncanakan Jadi Tempat Berburu Babi Hutan

Warga mengunjungi bekas obwis Selomoyo Giriwoyo Wonogiri (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Legislator di DPRD Wonogiri meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat serius dengan rencana penghidupan kembali kawasan wisata Selomoyo, Giriwoyo. Malah, Pemkab didesak untuk segera menyusun desainnya.

“Mengingat luas kawasan Selomoyo itu sekitar 30 hektar dengan potensi yang luar biasa. Padahal itu milik Pemkab semuanya, dan selama ini mangkrak. Sehingga kami ingin Pemkab segera menyusun master plan guna penghidupan kembali Selomoyo. Jika sudah jadi, mari dibicarakan di DPRD,” tutur Anggota Komisi B DPRD Wonogiri, Martanto, Minggu (27/1).

Belum lama ini dirinya bareng Kepala Disbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga), Pranoto mengunjungi kembali Selomoyo. Dari kunjungan itu terlihat banyak potensi dari tempat wisata di Desa Selomarto itu. Seperti adanya sumber air.

“Waktu kami ke Selomoyo, kami mendapati masih banyak potensi. Disana ada sumber air yang bisa digunakan untuk membuka kolam renang lagi. Juga struktur bukit yang sangat cocok buat camping ground, sirkuit road race, dan hutan perburuan babi hutan sekaligus hutan wisata ,” tambahnya.

Kepala Disbudparpora Wonogiri, Pranoto mengatakan, konsep awal pengembangan Selomoyo adalah hutan wisata dan camping ground. Kemudian diantara rimbunnya pepohonan bakal dibangun gasebo serta cottage. Hal itu menurut Pranoto dapat melengkapi kolam renang yang menjadi center point di Selomoyo.

“Konsepnya seperti itu, tapi kami sesuaikan dengan tren setempat dulu. Berdasarkan keterangan, Selomoyo dan sekitarnya kerap dijadikan lokasi berburu babi hutan. Sehingga pada tahap awal, kita akan jadikan Selomoyo sebagai hutan wisata dan hutan untuk berburu babi hutan, “ jelas Pranoto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge