0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemendag Bongkar 600 Pelanggaran Barang Beredar

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kementerian Perdagangan di sepanjang 2012 berhasil membongkar atau menemukan lebih dari 600 pelanggaran barang beredar. Sementara kasus yang ditemukan mencapai ribuan item.

Demikian diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi kepada wartawan, seusai menjadi pembicara seminar nasional bertajuk ‘Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia’, di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Sabtu (26/1).

Lebih jauh, pihaknya menyebut, dari 600 pelanggaran barang beredar itu, sekira 13 hingga 14 kasus sudah masuk ke meja hijau. Adapun sekira 200 kasus lainnya, pemerintah meminta agar produk ditarik dari peredaran dan ada 20 produk yang dilarang beredar.

“Pelanggaran cenderung didominasi produk elektronik dan alat rumah tangga,” ungkap Bayu. Sementara pada 2013 ini, Kementerian Perdagangan berharap masyarakat bisa turut mendukung pengawasan yang dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan menjadi konsumen cerdas, yakni konsumen yang mampu memahami hak-haknya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge