0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamu Diusulkan Jadi Produk Warisan Dunia

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Jamu, salah satu produk ramuan yang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, belakangan rupanya menjadi perhatian serius pemerintah. Ya, Kementerian Perdagangan saat ini tengah mengusulkan produk peninggalan leluhur tersebut untuk bisa masuk menjadi bagian dari world heritage, alias warisan dunia.

Hal itu dikemukakan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi kepada wartawan, seusai menjadi pembicara seminar nasional bertajuk ‘Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia’, di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Sabtu (26/1).

Sejak 2008 silam, pemerintah memang telah menggencarkan menyebut jamu sebagai brand Indonesia. Upaya ini sengaja ditempuh agar produk ini tidak buru-buru diklaim negara lain sebagai salah satu unsur kekayaannya.

Bayu mengatakan, Kementerian Perdagangan juga terus menggaungkan pada masyarakat tentang esensi dari jamu itu sendiri. Salah satunya, yakni dengan memberi pemahaman ke masyarakat luas bahwa jamu bukan hanya sekedar sebagai obat.

Namun lebih dari itu, jamu juga merupakan beverage (minuman) yang mampu memberi kesegaran bagi penikmatnya. Jamu pun bisa dimanfaatkan pula sebagai pendukung lifestyle seperti untuk kosmetik maupun leisure (spa).

“Kami akan gali terus, kami dokumentasikan historinya dan ini sedang kami usulkan untuk masuk menjadi world heritage. Tujuan kami juga untuk mendapatkan value dari brand yang kita punya,” pungkas Bayu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge