0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Surati Menhub, Berharap Railbus Tetap Lalui Rute Solo – Yogya

Stasiun Solo Kota (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Pemkot akan menyurati Menteri Perhubungan (Menhub) terkait tidak diperbolehkannya Railbus beroperasi pada jalur Solo – Yogyakarta. Pemkot menilai rute pendek Solo – Sukoharjo tidak relevan dengan upaya memajukan sektor transportasi umum yang terintegrasi.

Sebelumnya, Kemenhub menginstruksikan pada PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menghentikan rute Solo – Yogyakarta untuk Railbus. Kemenhub hanya mengijinkan rute pendek, yakni Solo – Wonogiri (saat ini baru terealisasi Solo – Sukoharjo-red) untuk kereta api senilai Rp. 16,8 Miliar tersebut.

“Pemkot akan mengirim surat kepada Menhub. Ada dua hal yang akan kami sampaikan, yakni agar Railbus bisa jalan sampai Yogyakarta. Selain itu kalaupun harus ada subsidi, Public Service Obligation (PSO) ya sebaiknya dari Pemerintah Pusat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kota Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, Sabtu (26/1).

Terkait pemberian subsidi kepada Railbus, jika mengacu pada permintaan PT KAI sebelumnya yang meminta agar pemerintah daerah memberikan subsidi menurutnya jelas tidak mungkin terealisasi pada tahun ini. Selain anggarannya belum terpasang pada APBD 2013 ini, keuangan daerah jelas tidak mampu mengkaver nilai subsidi yang dibutuhkan.

Yosca berharap Kemenhub bisa menindak lanjuti surat yang dikirimkannya tersebut. Ia menilai Railbus bisa menjadi solusi terwujudnya sarana transportasi umum untuk masa depan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge