0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kadin Siap Jadikan Solo Etalase Potensi Lokal

RAPIMKOTA-Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto memberikan sambutan dalam gelaran Rapimkota Kadin Kota Surakarta 2013 dengan tajuk 'Optimalisasi Peran Kadin dalam Pemberdayaan Dunia Usaha di Era Global', di Lorin Hotel Solo, Sabtu (26/1) (Dok. Timlo.net/Mint)

Solo – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo siap menjadikan Kota Bengawan sebagai etalase dari berbagai potensi lokal. Guna merealisasikannya, organisasi aspirasi inipun berniat menggeber sejumlah strategi, di antaranya dengan menghelat pameran multiproduk bertaraf internasional.

Salah satu alasan yang menurut Ketua Bidang Industri Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kadin Solo, David R Wijaya, Kota Solo layak menjadi etalase lantaran daerah ini memiliki potensi industri kreatif yang luar biasa besar. Bahkan, secara mandiri tak sedikit produk yang dihasilkan mampu menembus pasar mancanegara.

“Memang sampai saat ini Solo dan sekitarnya belum punya event yang mampu menunjukkan kepada dunia, ini lho potensinya. Ini kan sangat penting, Solo sebagai etalase dari potensi yang ada,” sebut dia kepada wartawan, di sela-sela gelaran Rapimkota Kadin Kota Surakarta 2013 dengan tajuk ‘Optimalisasi Peran Kadin dalam Pemberdayaan Dunia Usaha di Era Global’, di Lorin Hotel Solo, Sabtu (26/1).

Salah satu alternatif yang bisa menjadi peluang bagi industri kreatif untuk menunjukkan potensinya, di antaranya melalui gelaran expo. Dengan cara seperti ini diharapkan produk-produk yang ada bisa lebih dikenal, tidak hanya di tingkat lokal, namun hingga ke tataran internasional.

Oleh sebab itu, dikatakan David, nantinya Kadin Solo bakal menghelat pameran akbar bertajuk Java International Expo (JIE) yang direncanakan Oktober atau November 2013 mendatang. Pameran akbar bertaraf internasional ini diharapkan bisa diikuti 400 hingga 600 stan peserta. Sejauh ini, Kadin Solo masih menggodok detil pelaksanaan kegiatan, termasuk penentuan lokasi acara.

Expo jadi salah satu alternatif yang cukup punya peluang untuk memunculkan potensi yang ada. Kita harus memberdayakan potensi yang ada saat ini dengan lebih memromosikan lewat expo salah satunya. Dengan harapan produk yang ada saat ini bisa lebih dikenal baik di pasar lokal, regional, nasional sampai ke pasar global,” pungkas David.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge