0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPS Jamin Simpanan Nasabah BPR Sukowati Jaya dengan 3 Syarat

Kepala Divisi Likuidasi Bank LPS, Poltak Tobing (kiri) (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Pasca ditutupnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukowati Jaya oleh Bank Indonesia (BI) sejak 23 Januari lalu, maka BPR mengalami masa transisi. Di mana selama masa transisi tersebut Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan mengambil alih bank sampai terbentuknya tim likuidasi.

Kepala Divisi Likuidasi Bank, LPS, Poltak Tobing, menyatakan LPS akan menjamin simpanan nasabah yang ada di BPR Sukowati Jaya dan akan membayarkannya. Tetapi untuk bisa dijamin LPS ada 3 syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Yaitu simpanan benar-benar ada, nasabah pernah menabung di BPR; nasabah tersebut bukan termasuk yang menyebabkan bank dicabut izinnya dan nasabah tidak memperoleh tingkat bunga melebihi tingkat bunga yang ditentukan LPS.

“LPS akan melakukan pengecekan terhadap tiga syarat tersebut. Kami harap nasabah tetap tenang dan tidak berbondong-bondong mndatangi BPR. Karena ini adalah uang negara,” jelas Poltak ketika ditemui wartawan di BPR Sukowati Jaya, Sabtu (26/1).

Poltak mengatakan, LPS akan membntuk dua tim, tim likuidasi dan tim simpanan nasabah. Pihaknya akan bekerja secara cepat setelah dilakukan verifikasi dalam waktu 5 hari akan diumumkan mengenai pinjaman nasabah. Sesuai dengan Undang-undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2009 dan peraturan pelaksanaannya, verifikasi dilakukan paling lama selama 90 hari.

“Kita dibatasi undang-undang tidak boleh lebih dari 90 hari. Kami akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi,” ujar Poltak.

Dia menguraikan BPR Sukowati Jaya memiliki 2.000 rekening di deposito maupun tabungan dengan nominal sekitar Rp 6 miliar, dengan perincian; tabungan Rp 3,4 miliar, deposito Rp1,1 miliar dan penempatan dari bank lain Rp 1,4 miliar. Selain itu BPR juga memiliki 400 debitur dengan total kredit Rp 5 miliar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge