0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diet Mediterania Tidak Mencegah Demensia

Pepaya, buah kaya khasiat. (Dok:Timlo.net/Google Images.)

Timlo.net — Diet Mediterania ternyata hanya berpengaruh sedikit terhadap otak kita dan tidak akan mencegah demensia, demikian klaim para peneliti. Demensia adalah sebuah kehilangan fungsi otak yang muncul bersama penyakit-penyakit tertentu.  Kondisi ini mempengaruhi memori, kemampuan berpikir, bahasa, penilaian dan perilaku.

Peneliti Perancis menyatakan, tidak ada bukti bahwa memakan banyak buah, sayur dan ikan berminyak bisa meningkatkan daya konsentrasi di usia tua.

Terinspirasi dari kebiasaan makan tradisional di Italia, Spanyol dan Yunani, diet ini telah menunjukkan kemampuan untuk mencegah penyakit jantung dan kanker juga memperpanjang harapan hidup.

Sejumlah penelitian baru-baru ini telah mengindikasikan bahwa pola makan ini berguna untuk otak dan bisa mencegah Alzheimer.

Beberapa peneliti percaya bahwa karena diet ini rendah lemak jenuh, maka bisa mencegah pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak dari terblokir oleh timbunan lemak.

Tapi para akademisi dari Paris Sorbonne University berkata bahwa tidak ada bukti untuk hal itu.

Para peneliti melacak pola makan dari 3 ribu orang dewasa paruh baya selama lebih dari satu dekade dan membagi mereka dalam tiga kelompok tergantung dari seberapa dekat pola makan mereka dengan diet Mediterania.

Saat  partisipan tersebut berusia 65 tahun, mereka melakukan enam tes untuk mengecek bagaimana tingkat ingatan dan konsentrasi mereka.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, dan tidak menemukan adanya perbedaan skor di antara ketiga grup tersebut.

Pemimpin penelitian ini Emanuelle Kesse-Guyot berkata: “Sikap konsisten yang ditunjukkan para peserta paruh baya terhadap diet Mediterania tidak dihubungkan dengan kemampuan kognitif umum (kemampuan otak diuji 13 tahun kemudian).”

Lebih lanjut para peneliti berkata bahwa penelitian terkini oleh para peneliti lain juga gagal menemukan adanya hubungan.

Sumber: Daily Mail.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge