0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-gara Tak Kuasa IT

Garap Tugas, Banyak Guru Minta Bantuan Temannya

Solo —  Sebanyak 57 guru SMP N 26 mengikuti workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran. Digelarnya workshop ini bertujuan untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada guru di bidang Informasi Teknologi (IT).

Workshop yang digelar setiap hari Sabtu dengan tiga kali pertemuan ini, merupakan salah satu langkah meningkatkan kualitas dan kinerja guru di SMPN 26 Solo. Menurut Kepala SMPN 26 Solo Drs Sutrisno MPd, tugas guru tidak hanya sebatas mentransfer pengetahuan kepada peserta didiknya saja, namun juga harus menguasai IT untuk mendukung dan mempermudah pekerjaannya.

“Saya lihat banyak guru saat melakukan pendataan nilai atau tugas lainnya yang berhubungan dengan IT selalu meminta bantuan temannya. Misalnya memasukkan nilai, kalau saling menunggu jadinya molor dan pekerjaan jadi terhambat,” papar Drs Sutrisno MPd kepada wartawan, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (26/1).

Materi yang diberikan dalam workshop ini antara lain penggunaan beberapa software secara dasar, penggunaan power point untuk kebutuhan presentasi sampai bagaimana mengakses informasi melalui melalui jaringan internet.

Melalui workshop ini, Sutrisno berharap agar para pendidik bisa menyelesaikan pekerjaannya secara mandiri. Tak hanya itu saja diadakannya workshop ini untuk memenuhi dasar kompetensi guru sesuai dengan kebijakan yang telah berlaku di tahun 2013, yang mewajibkan semuanya berbasis IT. “Di tahun ini sudah mulai ada penilaiannya evaluasi kerja guru. dengan adanya pelatihan ini pendidik bisa menyelesaikan tugasnya secara mandiri,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge