0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sawah Terendam, Petani Tunda Masa Tanam

Petani mengevakuasi bibit padi dari sawahnya yang terendam banjir (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Puluhan hektar lahan pertanian di wilayah Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo Kota terendam banjir akibat luapan Kali Langsur. Hal ini membuat sejumlah petani harus menunda masa tanam padinya.

Gunadi, salah satu petani mengatakan, agar tidak menderita kerugian yang lebih besar pihaknya memilih membawa pulang bibit padi yang telah siap untuk ditanam. Pasalnya jika dibiarkan terendam terlalu lama, bibit padi tersebut akan membusuk.

“Saya cabuti bibit padi yang seharusnya telah siap ditanam untuk saya bawa pulang. Nanti kalo di biarkan terendam air begini akan membusuk. Kerugian biar tidak tambah besar,” ujar Gunadi, Sabtu (26/1).

Dijelaskan, sebagian sawah di wilayah Desa Sonorejo sudah ditanami. Tapi masih ada sebagian petani sepertinya yang juga memilih menunda masa tanam untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

“Banjirnya ini dari luapan Kali Langsur. Kalau kondisi curah hujan masih tinggi seperti saat ini, banjir akan menggenangi persawahan dalam waktu cukup lama. Hampir semua sawah di Sonorejo kebanjiran,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge