0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPUD Wonogiri, Solo dan Sragen Tempati Gedung Baru

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik (pegang pita tengah), saat akan meresmikan penggunaan 7 gedung KPUD se-Jateng di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Hari ini, Sabtu (26/1), sebanyak tujuh KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) di Provinsi Jateng resmi menempati gedung baru. Acara peresmian dipusatkan di wilayah Wonogiri.

Ketujuh KPUD tersebut di antaranya KPUD Wonogiri, Solo, Sragen, Magelang, Temanggung, Kebumen dan Banyumas. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Husni Khamil Malik menjadi pihak yang menyatakan secara resmi penggunaan gedung baru tersebut ditandai pembubuhan tandatangan di atas prasasti.

Bagi KPUD Wonogiri, penggunaan gedung baru di Lingkungan Joho Lor, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Kota Wonogiri itu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Disebabkan selama ini, KPUD Wonogiri menempati bangunan pinjaman milik pemkab setempat. Bangunan, sebelumnya digunakan Departemen Penerangan.

Ketua KPUD Wonogiri Joko Purnomo mengemukakan, pendanaan berasal dari APBN 2012. Sedangkan tanah bagi gedung merupakan hibah dari pemkab setempat, kecuali Kabupaten Magelang, Kota Solo, dan Sragen yang diperoleh melalui mekanisme pembelian.

Sementara itu Husni Kamil Manik mengutarakan, tahun 2013 bakal menyusul beberapa gedung KPUD kabupaten/kota di Jateng ikut dibangun dan diresmikan. Beberapa di antaranya juga memperoleh hibah tanah oleh pemerintah setempat.

“KPUD itu bersifat tetap dan mandiri, sehingga keberadaan sebuah bangunan gedung yang ajeg mutlak diperlukan. Lantaran itulah kami mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung KPUD sebesar Rp. 161,3 M, khusus Wonogiri Rp 2,7 miliar, ” ujarnya.

Pihaknya berharap gedung yang baru mampu mendongkrak kinerja anggota dan sekretariat KPUD. Terlebih hanya dalam waktu 4 bulan lagi, Jateng bakal menghelat agenda Pemilihan Gubernur (Pilgub).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge