0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Facebook dan Instagram Minta Pengguna Upload KTP?

Halaman awal situs Facebook. (Dok:Timlo.net/Facebook.com)

Timlo.net — Semenjak Instagram mengupdate kebijakan penggunaan dan privasi, beberapa user atau pengguna mengalami hal yang aneh saat mereka ingin mengakses akun Facebook atau Instagram mereka di bulan Januari ini. Salah satu akun mereka di salah satu dari kedua layanan itu dikunci. Dan muncul sebuah peringatan bahwa mereka diharuskan untuk mengupload kartu identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti  kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) bila mereka ingin membuka kunci terhadap akun mereka.

Kasus ini dilaporkan oleh situs berita teknologi CNET, Selasa (22/1) setelah beberapa pembaca melaporkan hal tersebut.  Hal ini tentunya membuat resah para pengguna yang akhirnya berusaha mencari jawaban bila penguncian akun dan permintaan untuk menyediakan kartu identitas resmi ini berasal dari Facebook dan Instagram atau merupakan usaha untuk meng-hack akun mereka.

Yang membuat mereka lebih frustasi adalah bahwa setelah mereka benar-benar mengupload scan KTP atau SIM mereka, ternyata mereka tetap ditolak. Mereka menerima sebuah email dari pihak Instagram atau Facebook yang mengatakan bahwa mereka diminta mengupload hasil scan identitas resmi lain bahkan bila perlu sertifikat kelahiran mereka. Apakah ini  sebuah modus penipuan?

Ternyata menurut penyelidikan sebuah situs berita politik, TPM penguncian dan permintaan untuk mengirim scan kartu identitas pribadi tersebut memang berasal dari Instagram atau Facebook. Penguncian ini dikenakan terhadap para pengguna yang dianggap melakukan pelanggaran terhadap aturan kebijakan penggunaan dan privasi dari kedua layanan tersebut.

Tapi tidak dijelaskan pelanggaran seperti apakah yang dilakukan oleh para pengguna sehingga akun mereka dikunci.

“Hal ini hanyalah tindakan umum baik bagi Facebook dan Instagram untuk meminta foto dari identitas resmi untuk tujuan verifikasi tergantung dari jenis pelanggaran yang mungkin terjadi,” kata seorang juru bicara Facebook kepada TPM. “Sayangnya, saya tidak bisa memberitahu lebih banyak tentang hal ini,” terang juru bicara tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge