0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Undian Pasar Depok Dilaksanakan Awal Februari

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Surakarta, Subagyo (dok.timlo.net)

Solo – Pengundian kios Pasar Depok, Manahan, Solo dilakukan pada awal Februari mendatang. Pengundian terpaksa dilakukan karena jumlah kios di pasar burung tersebut tidak sebanding dengan jumlah pedagang yang ada.

Sebelum pengundian dilakukan, pedagang diminta melengkapi persyaratan administratifnya. Di antaranya, pedagang diminta membuat surat permohonan yang dilampiri dengan SHP yang dimilikinya.

“Sosialisasi sudah dilakukan dengan melibatkan semua pedagang pasar Depok. Semua pedagang sudah menyepakati sistem pengundian itu, demi terwujudnya rasa kebersamaan, ketertiban dan keadilan,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP Kota Solo, Subagyo kepada wartawan, Jumat (25/1).

Pedagang diminta segera mengumpulkan surat permohonan pada DPP maksimal Selasa (29/1) besok. Sementara, pengundian rencananya dilakukan pada Sabtu (2/2), atau sepekan sesudahnya.

Dari 281 pedagang, Pemkot hanya bisa menyediakan 64 kios di pasar tersebut. Bagi pedagang yang tidak memperoleh kios dalam pengundian, akan ditempatkan pada los pasar dengan jumlah 226 los. Di pasar itu, sejumlah pedagang sebelumnya ada yang memiliki lebih dari 1 petak los di pasar lama.

Teknis pengundian dilakukan dengan memilih nomor urut pedagang. Pedagang yang memperoleh nomor urut awal, akan memilih lokasi yang akan ditempatinya terlebih dahulu.

Aturannya, bagi pedagang yang memiliki los di pasar lama lebih dari satu, harus menaati sejumlah peraturan yang ditetapkan. “Jika pedagang punya dua, dapat undian langsung memilih dua kios. Pedagang yang sebelumnya memiliki tiga, setelah dapat undian hanya bisa memilih dua kios. Sedangkan sisanya dipersilahkan untuk memilih los yang berada di lantai atas. Pedagang yang memiliki empat los sebelumnya, juga hanya berhak memilih dua kios, sementara yang dua lainnya memilih los di lantai atas,” terangnya.

Tiap pedagang diwajibkan membayar biaya Taksiran Nilai Tempat Dasaran (TNTD) sebelum menempati kios atau losnya. Besaran TNTD untuk kios ditetapkan sebesar 1.975.000 per meter persegi. Sedangkan untuk los, besarnya TNTD senilai 1.400.000 per meter persegi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge