0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaga Stabilitas Harga, TPID Solo Intensif Libatkan Dinas

Ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo nantinya akan semakin intensif melibatkan Dinas Pertanian dan instansi terkait lainnya di wilayah Soloraya untuk aktif mengikuti rapat dan kegiatan TPID. Hal ini dalam rangka menjaga stabilitas harga dan kecukupan stok komoditas.

Sementara guna menjaga stabilitas harga, Ketua Tim Teknis TPID Kota Solo, Joko Pangarso, mengatakan TPID telah merumuskan dua rekomendasi pokok. Di antaranya adalah perlunya memorandum of understanding (MoU) alias nota kesepahaman antara Bank Indonesia (BI) dengan pemerintah daerah. Dalam hal ini tentang kerja sama pengembangan ekonomi, termasuk di dalamnya adalah TPID.

“Selain itu, meski stok bahan pangan kondisinya cukup aman, namun perlu memerhatikan langkah antisipatif karena adanya iklim yang ekstrim di beberapa wilayah, sesuai informasi BMKG. Diperkirakan bulan Januari ada kenaikan inflasi yang dipicu oleh faktor psikologis atas kenaikan tarif tenaga listrik (TTL), tambah Joko Pangarso.

Sementara itu, berdasarkan rapat TPID pekan ini di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, disimpulkan bahwa hingga pekan keempat Januari 2013 tekanan inflasi di Kota Solo masih terkendali. Pada Januari 2013 diperkirakan Kota Bengawan mengalami inflasi sebesar 0,56 persen.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge