0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hotel Ramah Lingkungan Siap Merangsek Pasar Solo

RUMAH TURI-Rumah Turi Boutique Hotel yang merupakan salah satu hotel ramah lingkungan di bawah kendali Greenhost Hotel Management (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Hotel yang mengusung konsep ramah lingkungan dalam waktu dekat dipastikan bakal merangsek pasar perhotelan Kota Solo. Ya, salah satu operator hotel domestik, Greenhost Hotel Management sudah berancang-ancang untuk menggeber pertumbuhan bisnisnya dengan membuka dua hotel ‘hijau’ di Kota Bengawan.

Kondisi ini jelas bakal semakin meramaikan industri perhotelan setempat, mengingat layanan yang ditawarkan nantinya berstandar hotel bintang. Corporate General Manager Greenhost Hotels Management, Hentung Lukman, mengutarakan dua hotel yang akan dibangun itu nantinya akan mengibarkan brand Bale, yakni Balegajah dan Baledusun Solo.

Mengadopsi green living concept, dua hotel ini menawarkan kombinasi suasana alam dengan nuansa modern. Salah satunya pada fasilitas pendukung hotel yang dirancang sedemikian rupa dari hasil recycle alias daur ulang produk-produk alam.

“Kami memang fokus ke ramah lingkungan dan recycle,” ujar Hentung Lukman kepada wartawan, di Rumah Turi Boutique Hotel, pekan ini.

Pembangunan dua hotel tersebut rencananya akan dimulai tahun ini dengan pengawasan dari Green Building Certificate Indonesia. Sementara operasionalnya diharapkan bisa mulai dilakukan pada pertengahan 2014 mendatang. Balegajah sendiri nantinya akan berdiri di kawasan Gajahan, Solo. Sementara Baledusun Solo akan dibangun di kawasan Keraton Kasunanan.

Khusus hotel yang disebut belakangan nantinya bakal berstandar hotel bintang lima. Hanya saja, Hentung Lukman belum bersedia mengungkap besaran investasi yang akan digelontorkan untuk kedua hotel ramah lingkungan tersebut.

“Kalau investasi, secara infrastruktur pastinya lebih mahal daripada hotel biasa karena kami lebih cenderung ke ramah lingkungan,” kata dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge