0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Candi Bentar Pura Puncak Diresmikan

Umat Hindu Bali saat memasuki komplek Pura Puncak MKD Pracimantoro. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri – Kawasan Pura Puncak di komplek MKD (Museum Karst Dunia) Pracimantoro, Wonogiri kini dilengkapi Candi Bentar atau gapura pintu gerbang. Bentuk Candi Bentar itu berujud bangunan candi terbelah dua dan diresmikan oleh umat Hindu Bali kemarin sore.

Kepala Disbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga) Wonogiri, Pranoto, Jumat (25/1) menuturkan, acara peresmian tersebut lebih dikenal dengan istilah melaspas.  Ikut dalam melaspas sekitar puluhan umat Hindu dari Bali dipimpin I Kethut Padang Subadra. Juga dihadiri Mangku Slamet Joyo Wijoyo dari Pura Giri Stanu Wonogiri.

“Lokasi Candi Bentar tepat berdiri pada pintu masuk Pura Puncak di MKD Desa Gebangharjo, Pracimantoro. Selain Candi Bentar, ada pula bangunan Tembok Panyengker dan Pilar Paduraksa,“ terang Pranoto di ruangannya.

Pembangunan Candi Bentar dan kedua bangunan yang dimelaspas dikerjakan dalam tempo 80 hari. Ketiga bangunan diarsiteki I Kethut Padang Badra.

“Dengan peresmian Candi Bentar itu harapannya semakin mengkukuhkan MKD dan komplek Jagad Spitritual yang mengelilinginya. Sebab di komplek itu berdiri tempat peribadatan bagi semua agama di Indonesia,”  ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge