0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petir Bisa Memicu Sakit Kepala

Migrain. (Dok:Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net — Petir bisa memicu sakit kepala, khususnya untuk penderita migrain, begitulah hasil sebuah penelitian baru.

Ini adalah kali pertama hubungan ini terungkap dan bisa digunakan para penderita sakit kepala parah menggunakan ramalan cuaca untuk memprediksikan kumatnya penyakit mereka.

Profesor Vincent Martin, yang memimpin penelitian ini mengatakan, “Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari petir bisa memicu sakit kepala.”

Sebagai tambahan, petir memicu peningkatan di polutan udara seperti ozone dan bisa menyebabkan pelepasan jamur spora yang memicu migrain.

Para peneliti Amerika Serikat (AS) meneliti para relawan yang menderita migrain secara teratur. Mereka mencatat munculnya sakit kepala tersebut setiap hari antara tiga hingga enam bulan.

Lokasi di mana petir terjadi serta lokasi rumah mereka dan besarnya arus juga dicatat.

Sakit kepala dan migrain meningkat hingga 30 persen saat terjadinya petir, demikian hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal medis online Cephalagia dilansir oleh Daily Mail.

Profesor Martin dari Universitas Cincinnati menyatakan, ”Kami menggunakan model matematika untuk menentukan jika petir bisa menyebabkan peningkatan frekuensi atau apakah hal ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain yang muncul saat terjadinya badai petir.”

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge