0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngakunya Polisi Ternyata Polisi Gadungan

Tersangka Irwan (29) yang mengaku polisi diapit Kapolres Sragen AKBP Susetio Cahyadi dan Kasubag Humas AKP Sri Wahyuni ketika berada di Mapolres Sragen, Jum'at (25/1). (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Satu dari komplotan yang mengaku sebagai anggota polisi yang beraksi di wilayah Sragen berhasil diringkus. Irwan (29), warga Belimbing, Sambirejo, Sragen diamankan petugas Polres Sragen setelah melakukan aksi kejahatan dengan berkedok anggota polisi sebanyak 5 kali.

Terakhir, tersangka telah terbukti melakukan perampasan sepeda motor milik Nanang, warga Kedawung, Sragen. Modusnya, tersangka yang mengaku sebagai anggota Satreskrim Polres Sragen mendekati korban yang sedang nongkrong degan dalih mengadakan razia minuman kera (miras) dan narkoba. Tersangka langsung meminta STNK sepeda motor yang digunakan korban untuk diperiksa. Dia  kemudian mengatakan jika sepeda motor korban adalah hasil pencurian yang terjadi di Kebakkramat, Karanganyar beberapa waktu lalu.

Kapolres Sragen AKBP Susetio Cahyadi, dalam gelar perkaranya, Jumat (25/1), mengatakan, mengungkapkan, setelah berhasil mengelabuhi korbannya, tersangka minta diantarkan ke Mapolres Sragen.

“Tetapi ketika sampai di halaman Polres rupanya tersangka ini takut dan mengurungkan niatnya. Kemudian dia minta diantar ke Polsek Kebakramat, disi dia juga takut ladi tidak berani masuk. Selanjutnya tersangka minta diantar di Mapolres Surakarta. Sesampainya di sana, tersangka akhirnya diringkus petugas Polres Surakarta setelah berkoordinasi dengan Polres Sragen,” papar Kapolres.

Kapolres menambahkan, dalam melakukan aksinya tersangka berusaha untuk mengintimidasi dan menjatuhkan mental calon korban dengan mengaku sebagai anggota polisi yang sedang melaksanakan razia. Atas perbuatannya tersebut tersangka bakal dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Susetio menghimbau  masyarakat tidak perlu takut dengan orang yang mengaku sebagai anggota polisi dari kesatuan manapun. Masyarakat juga diminta untuk selalu menanyakan kartu anggota jika ada yang mengaku sebagai polisi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge