0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Siswa SMP Bersaing dalam Lomba MIPA

Solo — Puluhan siswa SMP se-Soloraya mengikuti lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Bahasa Inggris yang diadakan di SMA Regina Pacis Solo, Kamis (23/1).

Wakil Kepala Humas SMA Regina Pacis Solo, Maria Indratin MPd  mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk mendukung keberhasilan pembinaan prestasi di sekolah serta untuk menunjang pengembangan kompetensi siswa. Lomba MIPA diikuti 35 tim dengan peserta 2 orang tiap tim. Sedangkan lomba Bahasa Inggris diikuti 20 peserta.

Dalam tahap penyisihan lomba MIPA, setiap tim harus menyelesaikan 60 soal pilihan ganda yang terdiri atas 20 soal Matematika, 20 soal Fisika dan 20 soal Biologi. Dari tahap penyisihan akan disaring 5 tim untuk maju ke babak final. “Untuk final lomba MIPA terdiri atas 4 babak yakni babak jawab mas, lemparan, ketangkasan, dan rebutan,” ujarnya.

Sedangkan untuk lomba Bahasa Inggris terdiri dari satu kegiatan yaitu story telling. Cerita yang akan disampaikan oleh setiap siswa. Tahun ini panitia mengangkat tema I Love Earth. Dalam setiap presentasinya setiap peserta diberikan durasi 5-8 menit. Aspek yang dinilai adalah pronunciationgrammar, creativity, fluency, dan ketepatan waktu.

Salah satu peserta lomba, Nadia Yulian L, sisiwi SMP Regina Pacis, mengatakan, dengan ikut lomba kemampuan Bahasa Inggrisnya akan semakin terasah lagi. Persoalan kalah atau menang menurutnya bukanlah suatu masalah. “Dalam perlombaan kalah atau menang itu sudah biasal yang terpenting melalui lomba ini kita bisa meningkatkan kualitas bahasa inggris kita,” katanya.

Nadia mengaku sangat senang bisa mengikuti lomba story telling tersebut. Ia menjelaskan. Dalam lomba story telling ia, membawakan cerita yang berjudul The Farmer and The Corn yang menceritakan tentang petani malas yang tidak merawat tanaman-tanamannya di ladang sehingga tanaman-tanaman tersebut mengganggu aktivitas petani.

“Cerita ini mempunyai pesan moral agar semua orang bekerja keras dan tidak malas-malasan,” singkatnya. Siswi kelas VIII tersebut mengaku membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk mempersiapkan lomba story telling.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge