0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walah!! Banyak Kartu Saraswati Salah Sasaran

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Ngrampal, Tis Wahyuni, menunjukkan Kartu Saraswati Melati dan Menur yang dikembalikan karena salah sasaran. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Sekitar 100 Kartu Saraswati Melati dan Menur di Kecamatan Ngrampal, Sragen ditarik kembali. Pasalnya kartu yang diberikan kepada warga miskin tersebut dinilai salah sasaran. Karena penerima kartu adalah warga yang telah dinyatakan meninggal dunia, pinah rumah dan berstatus pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta penerima bukan tercatat sebagai warga setempat.

Temuan tersebut berdasarkan laporan dari 2 dari 8 desa yang ada di Kecamatan Ngrampal, yaitu Desa Pilangsari dan Desa Ngarum. Seperti diketahui pemegang Kartu Saraswati jenis Melati dan Menur bisa mendapat pelayanan secara gratis di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soehadi Prijonegoro Sragen.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kecamatan Ngrampal, Tis Wahyuni, Rabu  (23/1), mengatakan sementara ini baru 2 dari 6 desa yang memberikan laporan. Tis Wahyuni mengungkapkan, sebanyak 42 kartu Saraswati Melati dan 5 kartu Saraswati yang telah dibagikan ke Desa Pilangsari dikembalikan. Tiga di antara kartu yang dikembalikan tersebut adalah fiktif. Tak hanya itu, 56 kartu Saraswati kategori Melati dan Menur milik warga Desa Ngarum juga dikembalikan. Salah satu di antara kartu yang dikembalikan adalah milik pensiunan PNS.

“Rata-rata kartu Saraswati Melati dan Menur dikembalikan karena warga yang menerima sudah meninggal dan pindah. Sisanya karena si penerima pensiunan PNS dan tidak terdaftar menjadi warga setempat,” kata Tis Wahyuni ketika ditemui wartawan di Kantor Kecamatan Ngrampal.

Dia memperkirakan, masih banyak Kartu Saraswati Melati dan Menur yang bakal dikembalikan yang berasal dari 6 desa lainnya dengan alasan yang sama. Keenam Desa tersebut adalah Bener, Klandungan, Karangudi, Gabus, Bandung dan Kebonromo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge