0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Januari, Solo Diperkirakan Inflasi 0,56%

Harga beras di pasar mulai naik (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo memerkirakan pada Januari 2013 daerah setempat mengalami inflasi sebesar 0,56 persen atau secara year on year 3,21 persen.

Hal ini, menurut Ketua Tim Teknis TPID Kota Solo, Joko Pangarso tidak lepas dari perkembangan harga sejumlah komoditas di pasaran. Berdasarkan rapat TPID pada pertengahan pekan ini di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, disimpulkan bahwa hingga pekan keempat Januari 2013 tekanan inflasi di Kota Solo masih terkendali.

Sumber tekanan inflasi terutama berasal dari kenaikan harga cabai merah, cabai rawit, bawang merah serta bawang putih. Kendati demikian, masih terdapat beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, di antaranya emas perhiasan, daging ayam ras dan sayuran. Sementara untuk komoditas lainnya harganya relatif stabil.

“Dengan perkembangan tersebut, inflasi Kota Solo pada Januari 2013 diperkirakan sebesar 0,56 persen,” ujar Joko Pangarso.

Beras sebagai komoditas penyumbang inflasi terbesar, sejauh ini harganya relatif stabil. Meski curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir, hingga membuat sawah di sejumlah daerah di Soloraya terendam serta adanya serangan hama, namun produksi padi tetap melimpah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge