0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Talud Jebol Disumbat dengan Karung Pasir

Solo – Perbaikan sejumlah talud yang jebol akibat terjangan air bah baru bisa dilakukan pada awal Februari. Saat ini kondisi cuaca belum memungkinkan untuk melakukan perbaikan pada talut yang jebol tersebut.

Setidaknya, ada 3 talud yang jebol di 3 ruas sungai, yakni talud kali Gajah Putih, talud Kali Jenes dan talud Kali Kedung Jumbleng, Mojosongo. Ketiganya jebol beberapa waktu lalu karena tidak kuat menahan terjangan aliran deras air sungai di musim hujan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Solo, Agus Djoko Wittiarso menjelaskan, sebelum talut diperbaiki, pihaknya melakukan upaya penyumbatan darurat dengan menggunakan karung-karung pasir pada lubang-lubang jebolan talut. “Kalau saat ini yang kami lakukan baru penanganan darurat. Mungkin sekitar Februari baru bisa kami lakukan,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Upaya yang dilakukan pertama kali menurutnya dengan mengeruk sedimentasi dasar sungai. DPU telah menyiapkan dua alat berat berupa ekskavator yang akan diturunkan untuk mengeruk sedimentasi ketiga sungai tersebut.

Untuk perbaikan talud, Pemkot akan meminta kerjasama Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) karena memerlukan anggaran yang relatif besar. Terutama, pada Talud Kali Jenes yang mengalami kerusakan cukup parah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge