0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ngirit, Eks RSBI Hapus Program RSBI

Drs HM Thoyibun SH MM, Kepala SMAN 1 Solo
Drs HM Thoyibun SH MM, Kepala SMAN 1 Solo (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Sekolah eks-Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) akan menghapus beberapa program RSBI untuk penghematan biaya. Hal ini sebagai tindak lanjut atas perintah dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, agar sekolah eks-RSBI segera melakukan revisi Rancangan Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

Penghapusan program RSBi terjadi di beberapa sekolah eks-RSBI di Solo. Salah satunya SMAN 1 Solo. Kepala SMAN 1 Solo, M Thoyibun mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan revisi RKAS. Revisi tersebut antara lain menghilangkan program yang menjadi tuntutan RSBI seperti halnya program sister school dan penyampaian pembelajaran dengan menggunakan program bilingual di kelas.

Penghilangan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan Bahasa Inggris ini akan sangat membantu penghematan anggaran. Pasalnya pengeluaran sekolah untuk dana workshop dan pelatihan guru akan berkurang. “Ini bukan sepenuhnya dihilangkan cuma dikurangi,” tegasnya.

Proses revisi RAKS, diakui Thoyibun mengalami kesulitan saat memilih program yang harus dihapus. Tak hanya itu, dalam perincian anggaran juga akan dirasa kerepotan meminimalisasi anggaran. “Target akan kita laporkan ke Disdikpora pekan ini,” katanya.

Lain halnya di SMPN 4 Solo yang hingga kini belum melakukan revisi RKAS. Kepala SMPN 4 Solo Hardi Giarso mengatakan, proses revisi tersebut baru tahap koordinasi dan konsultasi dengan Disdikpora. “Revisi kita akan lakukan pekan depan, besok hari Jumat baru akan kita konsultasikan ke Disdikpora,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge