0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Orang Berdesakan Menunggu Kirab Gunungan

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ribuan orang berkerumun menanti dikeluarkannya gunungan Maulud di depan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Kamis (24/1). Masyarakat yang terlihat antusias, rela berdesak-desakan dengan dengan para pengunjung lainnya untuk menyaksikan gunungan Jaler dan Estri yang menjadi puncak acara digelarnya Grebeg Maulud tersebut.

Salah satunya Yustri (35), dia bersama ke tiga anaknya rela datang jauh-jauh ke Solo untuk menyaksikan acara Grebeg Maulud. Perempuan yang berasal dari Wonogiri tersebut mengaku dirinya berangkat dari kediamannya menuju Solo bersama rombongan menaiki mini bus.

“Kami tadi dari rumah sekitar pukul 07.00 WIB dan sampai Solo pukul 09.30 WIB. Rencananya kami ingin menyaksikan gunungan Maulud diarak menuju Masjid Agung,” ujarnya.

Namun, melihat banyaknya ribuan masyarakat tersebut dirinya menjadi enggan untuk ikut mengarak gunungan Maulud ke Masjid Agung.

“Sepertinya saya harus mengurungkan niat, kasihan anak-anak saya harus berdesak-desakan dengan yang lain. Namun, saya meskipun tidak menghantarkan gunungan tersebut ke Masjid Agung, dengan melihatnya saja saya merasa puas,” ucapnya.

Berbeda dengan Yustri, Muhammad Tohir (42) mengaku dirinya berencana akan memperebutkan gunungan Maulud saat kembali ke Keraton nanti.

“Tiap tahun saya selalu rebutan gunungan mas, saya percaya dengan mendapatkan bagian gunungan tersebut akan dapat membawa berkah,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge