0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bappenas Perdalam Kajian Putri Cempo

Solo – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) masih terus melakuan kajian terhadap upaya pembangunan unit pengolah limbah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo. Selama sepekan ini, tim dari Bappenas berada di Solo untuk memperdalam kajian tersebut.

Asisten Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra), Eny T. Suzanna mengatakan, kajian Putri Cempo dipastikan bakal selesai tahun ini. Proses lelang akan dilakukan setelahnya.

Terkait masuknya teknologi baru dari Jepang, saat ini masih dalam kajian Bappenas. Diharapkan alat dengan metode Anaerob Degestion tersebut bisa menjawab persoalan sampah di kota Solo yang semakin mengkhawatirkan. “Kajian akan dilakukan secara terus menerus selama empat bulan kedepan,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin.

Tim yang terdiri dari 5 orang terus menggali metode pengolahan sampah tersebut. Selain itu, tim juga mendampingi mekanisme lelang investasi di TPA Putri Cempo. Teknologi Anaerob Degestion merupakan teknologi  masa kini yang menggunakan peralatan pengolah sampah menjadi energi biogas.

Direncanakan, lelang Putri Cempo bakal dilakukan  pada April mendatang. Nilai investasi yang ditawarkan senilai Rp. 300 Miliar. Masa waktu kerjasama pengelolaan selama 30 tahun  dengan luas area pengelolaan 17 hektar. Dengan investor baru tersebut, diharapkan permasalahan sampah di kota Solo bisa teratasi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge