0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ombak Besar, Nelayan Takut Melaut

Pantai Paranggupito, Wonogiri. (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sudah sekitar satu bulan ini nelayan di sekitar Pntai Nampu, Sembukan, maupun Klothok, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri tak berani melaut. Penyebabnya, ombak laut besar dan tinggi, mencapai 5 meter. Merekapun memilih, mencari hasil laut dari daratan.

“Sejak hujan sering turun deras, ombaknya menjadi lebih besar. Seringkali tingginya bisa sampai lima meter. Itulah sebabnya, nelayan memilih tidak melaut dari pada berisiko,” tutur Kadus Gunturharjo, Desa Gunturharjo, Paranggupito, Widi Hartono, Kamis (24/1).

Sementara untuk tetap mendapatkan hasil laut, lanjut Widi, nelayan memilih menggunakan metode penangkapan dari daratan. Di antaranya adalah dengan ngrendet atau menebar jala kecil tarik untuk berburu lobster. Sebagian diantaranya, tetap menerapkan pola konvensional memancing di bibir pantai.

Hal yang sama juga dikatakan Camat Paranggupito, Purwoto. Disebutkan, sudah cukup lama nelayan menambatkan perahu karena ombak terlalu besar. Dia juga mengatakan nelayan berharap pemerintah bisa merealisasikan pembangunan dermaga pendaratan ikan di Pantai Waru.

Sebab, dengan adanya dermaga, nelayan tidak harus berhenti melaut karena ombak besar di pantai. “Kalau ada dermaga, tentu akan mempermudah pendaratan dan peluncuran perahu. Dermaga itu juga kami yakini mampu mendongkrak produksi ikan laut di Paranggupito,” imbuh Purwoto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge