0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPS Ambil Alih BPR Sukowati Jaya Sragen

JUMPA PERS-Direktur Klaim dan Resolusi Bank LPS, Noor Cahyo (tengah) menyampaikan paparan terkait pencabutan izin usaha dan pengambilalihan BPR Sukowati Jaya Sragen, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Rabu (23/1) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) secara resmi mengambil alih hak pemegang saham Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukowati Jaya Sragen, Rabu (23/1). Hal ini menyusul dicabutnya izin usaha bank yang berlokasi di Jl Setiabudi 31-B, Karangmalang, Sragen oleh Bank Indonesia (BI).

Dengan dikeluarkannya surat keputusan (SK) pencabutan izin usaha, Direktur Klaim dan Resolusi Bank LPS, Noor Cahyo, mengatakan LPS akan menjalankan fungsi penjaminan dan melakukan proses likuidasi sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009 dan peraturan pelaksanaannya.

“Dalam rangka likuidasi PT BPR Sukowati Jaya Sragen, LPS akan mengambil alih dan menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham. Termasuk hak dan wewenang RUPS,” tegasnya kepada wartawan, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.

Selanjutnya, LPS sebagai RUPS PT BPR Sukowati Jaya akan mengambil sejumlah tindakan. Di antaranya membubarkan badan hukum bank, membentuk tim likuidasi, menetapkan status bank sebagai ‘Bank Dalam Likuidasi’ serta menonaktifkan seluruh direksi dan komisaris.

Sementara dalam rangka pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah, Noor Cahyo menyampaikan, LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya. Dalam hal ini guna menetapkan simpanan yang layak dibayar dan tidak layak dibayar.

“Kami mengimbau, nasabah BPR Sukowati Jaya tetap tenang dan tidak terprovokasi melakukan hal-hal yang bisa menghambat proses pelaksanaan penjaminan dan likuidasi. Sementara kepada karyawan BPR setempat, diharapkan tetap membantu proses pelaksanaan penjaminan dan likuidasi,” pungkas Noor Cahyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge