0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Target Pendapatan Pasar Ir Soekarno Naik, Pengelola Kewalahan

Proyek pembangunan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Kota (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Pendapatan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Kota ditarget mengalami kenaikan Rp 63 juta pada tahun 2013. Target tersebut membuat pengelola pasar Ir Soekarno kewalahan lantaran kondisi perekonomian di pasar tersebut saat ini masih lesu, akibat pembangunan pasar baru.

Lurah Pasar Ir Soekarno, Tri Sukrisno mengungkapkan, tahun ini pihaknya ditarget menyetor ke kas daerah sebesar Rp 594.643.000. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu sebesar Rp 531.634.000.

“Kondisi pasar saat ini masih lesu karena pembangunan pasar belum selesai. Pedagang banyak yang tidak berjualan karena kondisi di pasar darurat sepi pembeli. Petugas penarik hanya dapat menarik Rp 200 ribu per hari. Padahal saat masih di pasar lama, penarikan retribusi berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta perhari,” ujarnya Tri Sukrisno.

Tri mnejelaskan, ada beberapa faktor  yang menyebabkan penurunan hasil pendapatan dari retribusi, diantaranya banyaknya pedagang yang tidak lagi berjualan menunggu hingga pasar baru ditempati. Dari 213 kios, untuk saat ini hanya sekitar 30 kios yang buka. Sementara dari 600 los, hanya sekitar 140 yang masih dagang.

“Kondisi itu belum lagi jika ditambah saat hujan. Banyak pedagang yang enggan membayar retribusi lantaran dagangan tidak laku sama sekali. Terlebih kondisi di pasar darurat sepi seperti ini,” tegasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge