0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Grebeg Maulud Habiskan Rp 60 Juta

Salah seorang Abdi Dalem tengah menghias gunungan jaler yang berisi sayur-sayuran dan hasil bumi, Rabu (23/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ketua Panitia Maleman Sekaten 2013, Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Satriyo Hadinagoro mengatakan, acara Grebeg Maulud┬áini menghabiskan dana sekitar Rp 60 juta.

“Tiap gunungan menghabiskan sekitar 15 juta rupiah, dan nantinya kita akan mengeluarkan empat pasang gunungan berarti sekitar 60 juta rupiah,” paparnya.

Seperti diberitakan, memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW 1413 H yang jatuh pada hari Kamis (24/1), Keraton Kasunanan Surakarta telah mempersiapkan dua pasang gunungan Estri dan Jaler serta dua pasang gunungan Anakan.

Perlu diketahui bahwa gunungan Jaler berbentuk runcing berisi sayuran serta buah-buahan, sedangkan gunungan Estri berbentuk setengah lingkaran dan diisi dengan rengginan yang terbuat dari beras ketan. Untuk gunungan Anakan bentuknya agak kecil, diisi dengan uang uang recehan.

“Setiap yang diisikan kepada gunungan tersebut mempunyai arti dan makna. Salah satu contohnya adalah bentuk Jaler dan Estri yang menandakan tentang kehidupan manusia yang selalu berpasangan, tidak bisa dipisahkan,” tutur Satriyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge