0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jalan Lingkar Kota Tanpa Drainase Bikin Rumah Warga Kebanjiran

Jalanan basah setelah hujan. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri – Proyek Jalan Lingkar Kota (JLK) Wonogiri yang terhenti pelaksanaannya, mulai menuai persoalan. Satu rumah di samping proyek itu selalu terendam banjir ketika hujan deras mengguyur. Rendaman air itu disebabkan JLK yang tidak memiliki drainase.

Rumah yang selalu terendam itu adalah kepunyaan Kirmin (78), di Dusun Mundu, Desa Bulusulur, Kecamatan Kota. Kirmin pada Rabu (23/1) mengaku saat datang hujan, air memasuki pekarangan dan merendam rumahnya beserta rumah anaknya. Penyebabnya, pada jalur JLK tidak dilengkapi selokan di samping kiri maupun kanannya.

“Selokannya dulu sebenarnya berfungsi. Tapi, waktu ada proyek malah tidak berfungsi. Jadinya, pas hujan, air dari jalan langsung masuk ke rumah saya. Merendam rumah saya, rumah anak saya, kandang dan seluruh pekarangan,” ujar dirinya.

Air yang  mengalir ke pekarangannya sangat besar. Malahan, genangannya bisa sampai sepaha orang dewasa tingginya. Jika sudah begitu, tak ada yang bisa dilakukan Kirmin. Dirinya hanya menunggu surutnya air. “Saya sudah lapor ke Pak RT dan Kadus Mas. Katanya sudah diteruskan ke DPU. Ya, harapan saya, cepat-cepat saja dibuatkan selokan, biar rumah kami tidak kebanjiran lagi,” pinta Kirmin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Sri Kuncoro membenarkan soal adanya laporan rumah warga yang terendam. Selanjutnya, dia mengaku akan segera mengambil tindakan agar warga tidak merasakan kesulitan terlalu lama.

“Kami akan ambilkan dari dana pemeliharaan jalan. Akan kami buatkan selokan agar air tidak membanjiri rumah warga,” kata Kuncoro.

Dari informasi yang diperoleh Timlo.net, tidak adanya selokan di pinggir Jalan Raya Wonogiri – Pacitan kilometer 25 hingga 27 di Desa Wonoharjo, Nguntoronadi juga menimbulkan masalah. Air hujan menjadi terkumpul di tengah jalan. Aspal menjadi mengelupas dan membuat jalan menjadi berlubang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge