0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sragen Launching Tembang Gerbang Sukowati

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman (Foto: Bag Humas Setda Sragen)

Sragen — Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman mengawali Srawung Warga putaran pertama Tahun 2013 di Desa Kedungpit, Kecamatan Sragen, Selasa (22/1) malam. Seperti tahun sebelumnya, Srawung Warga 2013 akan digelar sebanyak 20 putaran di 20 kecamatan di Bumi Sukowati.

Kendati disertai hujan rintik-rintik, Srawung Warga di Desa Kedungupit malam itu tidak  menyurutkan ratusan warga untuk menghadiri acara tersebut. Hal ini terlihat dari kursi yang disediakan panitia terisi penuh oleh undangan yang datang. Sebelum acara dimulai mereka  dihibur oleh karawitan gending Jawa dari murid-murid SLB Bagaskara Kalibening, Kroyo, Sragen.

Bupati menghimbau kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengikuti Srawung Warga ini. Menurutnya, kegiatan Srawung Warga merupakan sarana mendekatkan diri kepada masyarakat. Selain itu dari acara ini pemerintah dapat menyerap masukan dan informasi dari masyarakat berkaitan dengan pembangunan di Kabupaten Sragen.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengulang kembali gagasannya yang dia sebut sebagai tesis, yaitu Gereget Bangun Sukowati atau Gerbang Sukowati. Tesis ini sebelumnya pernah dia lontarkan dalam acara Srawung Warga di Desa Newung, Kecamatan Sukodono. Dengan Gerbang Sukowati ini, Bupati Agus mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sragen untuk semangat membangun Bumi Sukowati sesuai dengan profesinya masing-masing.

Untuk menggugah semangat warga dalam membangun, pada kesempatan tersebut dilaunching Tembang Gerbang Sukowati, yang bait-baitnya berbunyi;

Ayo yo ayo angayahi kardi

Cancut gumregut mbangun Sukowati

Murih wewangunan katon endah asri

Rakyat ayem tentrem gemah ripah loh jinawi

Ora ngemungke mring para pangarsa

Kabeh pra warga duwe kewajiban

Mujudke Sragen kutha kang mandiri

Gerbang Sukowati gereget mbangun Sukowati

 

Bupati Agus yang saat itu didampingi Komandan Kodim 0725/Sragen Letkol R Wahyu Sugiarto dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sragen Gatot Gunarto, Kepala Satker, Camat se-eks Kawedanan Sragen, para pejabat Eselon III dan IV, tokoh agama, tokoh masyarakat serta lurah/kepala desa se-Kecamatan Sragen.

Selesai Srawung Warga Agus disertai beberapa staf malam itu menginap di rumah Darmo Rinekso, warga setempat yang berjarak 200 meter dari Balai Desa Kedungpit.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge