0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Telur Asin dan Kinang Dibagikan di Gladak

Bus tingkat Werkudara (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ribuan telur asin dan kinang dibagikan oleh Sentana Dalem dan Abdi Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kepada para pengendara yang melintas di Jalan Slamet Riyadi, Rabu (23/1). Acara yang diadakan tepat di Bundaran Gladag tersebut sempat memacetkan arus lalulintas sepanjang 100 meter, namun hal itu tidak menyurutkan antusiasme pengguna jalan yang penasaran akan kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Maleman Sekaten 2013 Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Satriyo Hadinagoro mengatakan, acara tersebut baru kali ini diadakan. Hal itu dikarenakan, melihat situasi dan kondisi yang terjadi saat ini banyak daerah-daerah yang terkena bencana alam serta banyaknya pejabat-pejabat yang tidak amanah kepada rakyat.

“Ini merupakan ide spontanitas dari Sentana Dalem dan Abdi Dalem karena melihat persoalan yang dihadapi saat ini. Sehingga dengan adanya pembagian telur asin atau yang biasa disebut dengan telur amal dan kinang ini dapat mengurangi bencana yang terjadi di negeri,” kata KRMH Satriyo Hadinegoro saat ditemui wartawan usai acara.

Lebih lanjut dijelaskan, telur amal tersebut dimaksudkan sebagai agar setiap orang yang menerima tersebut dapat berbuat amal dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun. Sedangkan untuk kinang melambangkan tentang wujud doa kepada yang kuasa.

“Setiap yang kita berikan tadi ada maknanya, ya diharapkan semoga dapat menjadi pengingat kepada setiap orang untuk lebih ikhlas dalam beramal dan yang dilakukan tadi diterima Allah SWT,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge