0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

374 Mata Kuliah UNS Gunakan Sistem Online

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberlakukan sistem online pada 374 mata kuliah untuk kebutuhan proses belajar mengajar.

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS mengatakan, jumlah tersebut masih sepertiga dari total mata kuliah di UNS. Secara bertahap diakui Ravik, nantinya jumlah mata kuliah sistem online akan terus bertambah. Materi mata kuliah online ini diajarkan secara blanded learning.

“Ada tatap muka, penugasan yang terstruktur hingga mandiri,” kata Ravik Karsidi, di Solo, Selasa (22/1).

Kelebihan mata kuliah yang diberlakukan ini terbilang sangat murah karena materi yang diajarkan dosen sudah ada di dalam sistem itu sehingga tidak perlu mencetak buku ajar lagi. Namun, sistem ini hanya bisa dipelajari secaraa internal. “Sebetulnya yang diharapkan adalah bisa online antar Perguruan Tinggi (PT) dalam negeri maupun internasional. Namun, saat ini belum terealisasi,” jelas Rektor UNS.

Terkait kerjasama lintas universitas, Ravik mengatakan, belum ada langkah dan pembicaraan yang lebih konkrit. Saat ini pihaknya hanya ingin mendorong bagi dosen pengampu mata kuliah agar segera menyusul.

Pemberlakuan sistem ini, menurut Ravik, menyusul permintaan Wakil Presiden Boediono kepada setiap perguruan tinggi untuk mengembangkan mata kuliah secara online dan berstandar internasional. Dengan diberlakukannya sistem pengajaran dan pembelajaran secara online dapat meningkatkan kualitas lulusan universitas di Indonesia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge