0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nasib Pasien Terlantar

Kartu Pengobatan Gratis Tak Jamin Semua Gratis

Rio Anggoro Perdana Putra (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Rio Anggoro Perdana Putra (14) asal Dukuh Selorejo RT 3, Desa Kandangsapi, Kecamatan Jenar, Sragen telah lama menderita sakit di bagian kakinya. Rio tercatat sebagai siswa SMPN 1 Jenar, Sragen adalah berasal dari keluarga miskin. Dia dan keluarganya merasa ditelantarkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soehadi Prijonegoro Sragen karena gagal untuk dioperasi.

Padahal, keluarga tersebut telah mengantongi kartu pengobatan gratis Saraswati. Namun, kartu itu tidak bisa dilayani dengan dalih hanya sebatas untuk pengobatan ringan, tidak sampai tahap operasi. Akibat ditolak mendapatkan pelayanan operasi, membuat kaki Rio membusuk. Tidak hanya itu, karena sakit untuk jalan maupun aktivitas, anak dari Supatmi (38) ini terpaksa tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah sejak satu bulan terakhir.

Menurut Supatmi, keluhan sakit dibagian tumit anaknya itu sejak 5 tahun lalu. Bahkan sakit yang di diagnosa menderita keloid ini sudah berulang kali keluar masuk rumah sakit. “Bahkan beberapa tahu silam sempat menjalani operasi dengan keluhan kaki yang menderita keloid itu. Namun, saat ini kambuh dan berharap bisa jalani operasi dengan kartu Saraswati, namun usaha itu gagal,” ujar Supatmi, Selasa (22/1).

Padahal, kata Supatmi, untuk mengupayakan pengobatan gratis anaknya tersebut dia sudah mengajukan disposisi ke Wakil Bupati Daryanto. Surat disposisi itu menyatakan, pasien tersebut  untuk bisa dilayani operasi ke rumah sakit.

“Surat disposisi itu sendiri sudah kami serahkan ke pihak unit pelayanan kesehatan gratis. Tetapi tetap ditolak, kami sendiri hanya pasrah dengan kondisi anak kami. Saat ini kakinya sendiri sampai membusuk, karena tak bisa dioperasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman telah meminta Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan RSUD Sragen untuk melakukan koordinasi terkait mekanisme serta sistem rujukan pasien ke RSUD.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge